Enjoy Your Day With a Smile

Selasa, 22 Maret 2011

Membuat Flashdisk Bootable untuk Menginstall Ubuntu

Anda ingin menginstall Ubuntu dengan menggunakan USB flashdisk bootable, ketahui cara membuatnya di sini. Seperti yang kita tahu bahwa flashdisk memiliki fungsi yang sama dengan CD yaitu sebagai penyimpan data. Dengan semakin besarnya kapasitas flashdisk yang kini bahkan mengalahkan CD, maka kita bisa membuat flashdisk menjadi sarana untuk menginstall operating system seperti Ubuntu. Sebelum membuat flashdisk bootable, sebaiknya flaskdisk yang anda gunakan berkapasitas lebih dari 1 GB agar dapat menyimpan file2 Ubuntu dan format flashdisk sebaiknya FAT 32 dan jika ada file lain yang ada di flashdisk, sebaiknya di backup dengan memindahkannya dulu ke media lain.

Catatan: Sebelumnya, jika anda sudah memiliki CD Ubuntu, langsung transfer saja isi CD (file ISO) Ubuntu ke flashdisk tanpa melakukan proses download seperti di bawah, untuk melakukannya anda bisa coba software berikut transfer iso image to usb flash drive

1. Mentransfer file Ubuntu ke flashdisk

Anda membutuhkan software UNebootin download di sini, setelah anda download, jalankan (ia tidak membutuhkan instalasi karena portable)

sshot-1
2. Pilih Ubuntu dari kotak drop down distribution, kemudian pilih 9.10_Live dari menu drop down version. Jika anda memiliki komputer dengan spesifikasi 64 bit, pilih 9.10_Live_x64 di menu drop down version.

sshot-2

3. Pada bagian bawah, pilih drive flashdisk anda seperti gambar di bawah

sshot-3
4. Klik OK dan UNetbootin akan mulai mendownload Ubuntu

sshot-6
5. Kemudian ia akan mentrasfer file yang di download tadi ke flashdisk

sshot-9
6. Setelah selesai, anda tidak membutuhkan proses reboot jadi langsung klik Exit

sshot-10
7. Buka flashdisk dan pastikan bahwa file2 Ubuntu sudah ada di sana

sshot-11
Catatan: Jika anda sudah memiliki CD ubuntu, langsung transfer saja ke flashdisk tanpa melakukan proses download seperti di atas.

Sekarang anda siap untuk menginstall ubuntu di komputer

Menginstall Ubuntu

Saat anda selesai melakukan tahap2 diatas, anda bisa mengetes apakah flashdisk anda berjalan sebagaimana mestinya dengan mengeset komputer untuk booting dari flashdisk anda. Langkah2 yang pasti anda masuk BIOS dulu lalu pilih booting dari flashdisk.

Saat komputer anda sudah booting dari flashdisk, anda harus memperhatikan tombol Menu Boot dan Setup yang biasanya terdapat pada bagian bawah layar.

sshot-18

Menggunakan Boot menu

Jika pada BIOS anda terdapat Boot menu maka sebelum masuk ke prosses booting, tekan tombol yang berhubungan dengan hal ini, dalam contoh berikut ini yaitu tombol ESC.

sshot-16
Pada contoh ini, Boot Menu tidak memiliki fitur untuk booting dari CD, tetapi Boot menu  memiliki beberapa pilihan seperti USB-CDROM, USB_HDD, USB_FLOPPY dan sebagainya. Coba pilih start dengan USB. Jika tidak bekerja, coba restart komputer dan coba lagi.

Menggunakan Boot menu tidak merubah Normal Boot dari system anda, jadi jika anda menyalakan komputer seperti biasa, ia akan booting dari harddisk secara normal.

Menggunakan Setup

Jika BIOS anda tidak memiliki fitur Boot Menu, anda bisa merubah pilihan booting dari menu Setup.

sshot-17
Catatan: beberapa perubahan di dalam BIOS dapat menyebabkan ketidakstabilan pada mesin komputer anda. Pastikan anda hanya merubah pilihan booting.

Tekan tombol yang berhubungan dengan Setup. Dalam hal ini kami menekan tombol F2

Jika Setup di BIOS anda memilikitab Boot, silahkan pilih tab tersebut seperti pada gambar di bawah dan disana biasanya terdapat bermacam2 pilihan boot, seperti USB_CDROM, USBHDD, USB FLOPPY dan sebagainya, pilih yang mana yang bisa bekerja, tapi pertama anda bisa pilih Removable Media.

Jika BIOS anda tidak memiliki tab Boot, pilihan Boot dapat anda temukan di pilihan Advanced CMOS.

Booting ke Ubuntu

Jika anda telah memilih media booting yang tepat,anda akan diantar ke tampilan UNetbootin.

sshot-13
Tekan Enter untuk mulai menjalankan Ubuntu dengan pilihan default, atau tunggu 10 detik untuk memulai secara otomatis. Ubuntu akan mulai loading dan ia akan langsung masuk dekstop tanpa memerlukan username maupun password.

sshot-14

sshot-15

Selamat mencoba :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Most Popular